Jumat, 03 Mei 2013

Solusi, ada pada Diri

Semangat pasang surut. Hmm, lagu lama. Adakalanya aku begitu bersemangat, ada saatnya pula aku terpuruk. Adakah orang mengetahui perkara itu? Tidak ada. Hanya Dia Yang MahaTahu.

Aku sering memotivasi, menasehati dan menyulut semangat orang lain, hingga ada yang menyangka kalau orang yang penuh dengan semangat di usia muda. Padahal, tidak juga.

Senang bila ada yang terpacu karena omonganku yang sok bijak. Sedih bila mendengar orang lain mengeluh karena terkurung dalam penjara 'takut gagal'. Hei, kawan. Aku juga butuh penyemangat, jadi jangan keluhkan sesuatu secara berlebihan. Aku takut tertular. Kalau ingin menularkan sesuatu, cukup hal-hal yang berdampak positif saja.

Bukan. Bukan maksudku tak mau mendengarkan. Karena kurasa, kalian bisa mencari solusi itu sendiri. Persoalan kalian, bukan tentang hubungan diri sendiri dengan orang lain, tapi pergulatan dengan diri sendiri.

Aku tak suka curhat. Aku lebih suka diam, menyendiri, dan mencari solusi hidupku sendiri. Yang kadang membuat kepala ini mendadak pusing.

Dan lagi. Kucoba merefresh otak dengan menulis cerita, dan menuangkan kegalauanku di situ. Cukup membantu.

Untuk siapa pun, ayolah. Jangan hanya bisa mengeluh dan mengeluh. Tulis saja kisah-kisah menyedihkan kalian dalam sebuah karya. Rangkai dengan kata-kata yang santai namun mengena di hati. Belajar untuk mencari solusi sendiri agar orang lain yang bernasip sama dengan kalian, dan secara tak sengaja membaca tulisan kalian, bisa turut bangkit.

Yuk, luweskan jemari. Ungkap kisah-kisah misteri yang terselebung dan mengendap dalam memori, agar bisa menjadi pembelaajaran di kemudian hari.


Sumber gambar ada di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan mampir. Silakan tinggalkan jejak. ^_^